Memilih Blender dan Merawat Blender

Pengalaman Memilih Blender dan Merawat Blender




Pengalaman memilih blender. Sebagai ibu rumah tangga, bergelut dengan masakan adalah kegiatan rutin yang kadang menyenangkan tapi SERINGnya membingungkan. “Masak apa hari ini ya?” sambil searching resep masakan di web. Kalau pun ketemu ide di web, bumbunya itu loh.. kebanyakan dihaluskan..

Beberapa bulan kemaren si, dengan sabarnya sering “ngulek” bumbu sesuai resep hingga halus. Giliran ngulek cabe, haduuh.. ampun deh, bisa sampai satu jam buat preparasi bumbu doank.

Akhirnya, kuputuskan untuk membeli blender. Bingung juga, milih bendler yang murah sesuai budget, atau yang awet tapi nabung dulu (dan bersabar dengan ulekan).

Setelah menimbang-nimbang pos anggaran ini itu, lihat kondisi ini itu, akhirnya kebeli juga blender baru.. Alhamdulillah.. Blender Philips. Well.. Dan saya puas. Karena ada lock sistem yang membuat mesin hanya menyala jika gelas blender dan putaran mesin diletakan sesuai tempatnya.

Hal ini sangat penting sekali, mengingat blender orang tua di rumah rusak gara-gara mesin blender berputar sedang putaran gelas blendernya tidak tersimpan sempurna.

Alhasil, tatakan gelas (apa ya namanya) yang ada pisaunya itu, kan dibawahnya ada semacam pola biar bisa nyantol ke mesin. Nah polanya ini jadi botak gara-gara kegerus putaran mesin.. haduuh. Blender pun tidak bisa dipakai lagi. Padahal baru satu tahun beli.

So, dari pengalaman ini, saya mau berbagi sedikit info tentang tips memilih blender dan tips merawa blender . Sebagian besar infonya saya baca-baca juga si dari web lain . He

Tips Memilih Blender

1. Beli Sesuai Kebutuhan dan Tujuan.

Kalau cuma buat halus-halusin bumbu dan bikin jus, mending jangan beli yang blender yang kompleks. Selain akan nganggur di lemari, juga jadi boros biaya bulanan. Kecuali mau bikin restoran atau rumah makan.

2. Bahan Material Gelas Blender

Saya lebih menyarankan bahan material yang bukan kaca. Selain akan berat, juga rentan pecah. Blender yang baru saya beli pun sempat jatuh saat sedang dicuci karena tangan licin. Untung bahan gelasnya dari plastik jadi masih utuh (baret dikit, he).

3. Lock Sistem

Seperti cerita saya sebelumnya tentang lock sistem pada putaran mesin, fitur ini sangat urgent sekali. Hampir seluruh blender blender Philips sudah memiliki fungsi ini. Namun, beberapa merek blender saat saya lihat-lihat di toko juga sudah menggunakan lock sistem.

Jadi, jika Anda tidak memiliki budget yang cukup untuk membeli blender Philips, merek lain pun bisa jadi pilihan..

Tips Merawat Blender

1.Baca Buku Petunjuk

Hal ini penting sekali. Jangan malas yau.. Karena berbeda merek, berbeda jenis, berbeda pula manfaat dan cara perawatannya. Dengan mengikuti intruksi dari buku petunjuk, Anda dapat meniadakan pengeluaran yang disebabkan kerusakan mesin.

2. Membersihkan Setelah Pakai

Kalau sedang malas, memang enaknya tuh blender didiemin dulu. “Kan jadwal nyuci piring ntar siang abis bobo”.. he he. Kalo rajinan dikit, blender gelas dibilas doank pake air.

Tapi ternyata, bagi Anda yang sering memblender cabe merah atau kunyit, pembilasan hanya dengan air atau malah ada jeda lama untuk mencuci, dapat meninggalkan noda merah atau kuning yang permanen. Hal ini terjadi pada blender orang tua saya.

So, saya sangat rajin mencuci blender setelah - benar-benar setelah- memakai blender. Dicuci pakai sabun. Kemudian dikeringkan. Sisa-sisa cipratan bumbu yang menempel di mesin di bersihkan. Alhamdulillah, blender masih tetap kinclong meski sudah beberapa bulan dipakai.

3. Lama Putaran

Pada beberapa blender terdapat pilihan kecepatan putaran. Biasanya diidentifikasikan oleh nomor. Fungsi kecepatan ini biasanya dijelaskan pada buku petunjuk penggunaan.

Meski mungkin sudah dituliskan pada buku petunjuk, tapi saya ingatkan sekali lagi, “Jangan muter blender kelamaan”. Hal ini bisa menyebabkan mesin panas dan mengundang kerusakan.

Blender yang saya gunakan dirumah, menurut buku petunjuknya, hanya boleh diputar paling lama satu menit. Maksudnya, setelah putar, matiin bentar, putar lagi, matiin lagi. Kalo belum halus, ya putar lagi..

Sekian dulu share pengalaman Tips Memilih Blender dan Tips Merawat Blender. Bagi yang mau belanja blender tapi toko jauh dari rumah, bisa liat-liat ni di Lazada. Gratis Ongkos kirim, bisa bayar ditempat saat barang sampai, banyak DISKONnya, ada garansi dan dijamin barang asli.


Sebelum belanja mutusin blanja, inget buat baca reviewnya (ulasan produk). Biasanya ibu-ibu yang udah pada beli produk, komentar macem-macem tuh tentang barang yang udah sampai di rumah mereka.. So, selamat belanja :D

Posting Komentar